Artikel · Boku no Sekai

Pengalaman Gojek & Grab – Sepenggal Cerita untuk Pejuang Jalan Raya

Selamat siang!

Akhir-akhir ini fenomena teknologi semakin membuat masyarakat semakin mudah ya. Aplikasi bertebaran, layanan delivery berkejaran, belum lagi transportasi online yang semakin unjuk keperkasaan. Kita sebagai masyarakat sangat bersyukur karena sangat terbantu.

Saya sangat senang memakai gojek dan grabbike. Pengemudinya baik-baik. Meski ada beberapa yang diam dan tak banyak bicara, namun mereka mengantarkan saya hingga selamat sampai rumah. Saya sangat berterima kasih dan bersyukur. Tapi.. apakah bersyukurnya memberi manfaat untuk para driver?

Jika diingat lagi, saya sangat menyesal karena sering lupa memberi rate bintang pada driver. Saya hanya memberi bintang jika ingat.
Untuk aplikasi gojek, saya sangat terbantu dengan notifikasinya begitu membuka aplikasi. Notifikasi untuk memberi rate pada driver yang pernah mengantar saya.

dan untuk aplikasi grabbike? Sejujurnya, saya bukan orang yang suka mengutak atik aplikasi, dan saya bahkan tidak tahu bahwa grabbike memiliki fitur untuk rate bintang. Untung saya sempat bertanya pada driver grab, ‘Apakah grab juga memiliki fitur rate bintang atau tidak?’ dan katanya ada.

dan saya tidak tahu. Padahal sudah beberapa kali naik grabbike! Astaghfirullah!

Bagaimana caranya agar tidak lupa?

Sebenarnya, saya sangat berharap aplikasi grab diupdate. Menambah fitur reminder untuk pengguna agar tidak lupa memberi bintang. Atau menghapus expired date pada fitur rate bintang. Kalau misalnya saya baru ingat tiga hari setelah naik grab, saya masih bisa ngasih bintang. 🙂
Tapi jika belum ada, untuk sementara saya bikin notifikasi sendiri di handphone saya. Saya membuat pengingat di kalender, supaya saya ingat untuk memberi rate pada driver grab, karena saya tidak bisa mengandalkan ingatan saya yang kadang usang. Dengan begitu, driver grab akan sangat terbantu dengan bintang yang kita beri.

Emang penting banget ya bintang?
Penting banget, lho untuk mereka. Mungkin terdengar cukup sepele di telinga kita, namun bintang juga menentukan reputasi. Bahkan menurut website yang saya baca, jika driver mendapat 500 bintang, mereka bisa ke Thailand. Jika 1000 bintang, mereka bisa umroh.

Bahkan kalau kita bisa selfie sama penumpang dan diupload di media sosial Grabbike, driver bisa dapat bonus 1.5 juta.

Coba deh, dengan satu gerakan jempol untuk empat bintang saja, mungkin bisa membawa satu orang untuk pergi umroh. Subhanallah banget kan?

Bermurah hatilah dalam memberi bintang.
Saya pernah membaca curhatan hati driver grab, di website ini, ia begitu sedih dengan hasil bintang yang ia peroleh. Padahal ia memberikan pelayanan yang cukup baik. Mengendarai motor tidak ugal-ugalan. Mengantarkan penumpang hingga sampai rumah. Bintang kecil ternyata juga bisa berakibat dipecat dari perusahaan.

Terlepas dari benar atau tidaknya bintang yang ia peroleh, saya cukup concern dengan masalah ini. Jika memang benar, menurut saya ini saatnya untuk lebih memberi atensi pada rate bintang yang kadang terbengkalai.

Nah, untuk teman-teman yang terbiasa irit memberi bintang, mulai sekarang coba untuk melapangkan hati yuk. Bersedekah empat-lima bintang untuk driver ojek online yang sudah berbaik hati mau kita tebengin. Mungkin terdengar sepele, tapi insyaallah bisa berbuah baik untuk mereka dan kita sendiri.

untuk teman-teman yang terbiasa irit memberi bintang, mulai sekarang coba untuk melapangkan hati yuk. Bersedekah empat-lima bintang untuk driver ojek online yang sudah berbaik hati mau kita tebengin.

Tentunya, diharapkan para pengemudi driver ojek online juga memberikan pelayanan yang terbaik. 🙂

Sedikit saran sederhana dari Pengguna Grabbike.

Dearest Anthony Than, jika memungkinkan, mohon fitur expired untuk rate bintang driver grab ditiadakan. Ini cukup memudahkan untuk kami yang sering lupa memberi rate pada pengemudi. Atau kalau bisa, bisa tolong bikin fitur notifikasi rate, please? Biar kita terus ingat untuk kasih bintang. Supaya lebih membantu menyejahterakan driver ojek online juga. 🙂

 

Best regards

Pita Hujan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s