Artikel · Iseng belajar · Uncategorized

7 Aturan jika Ingin Fasih Berbicara dalam Bahasa Inggris

Terkadang menyaksikan orang berbahasa Inggris dengan baik membuat iri bukan? Padahal kita sudah menghabiskan bertahun-tahun untuk belajar bahasa tersebut, namun masih belepotan saat berhadapan dengan native speaker. Keinginan untuk berbahasa inggris dengan baik masih terselip di dalam hati, tapi bagaimana caranya?

Ada beberapa tips yang mudah-mudahan membantu dalam mempelajari bahasa Inggris. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak pelan-pelan.

1. Jangan terlalu banyak belajar grammar.

Lho? Kalau nanti struktur kata kita berantakan dan jadi bahan tertawaan bagaimana?
Sering kali pertanyaan seperti itu terlontar dari beberapa orang. Namun faktanya adalah, jika Anda ingin lulus tes tertulis, maka belajarlah grammar. Namun jika ingin fasih berbicara, cobalah berbicara tanpa memikirkan grammar.

Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan grammar bisa membingungkan Anda. Anda jadi terlalu banyak berpikir tentang aturannya. Bukan berbicara secara alami seperti native speaker. Dikutip dari talkenglish.com, sedikit dari English speaker yang mengerti grammar lebih dari 20%. Seorang teman native juga pernah berkata, murid-muridnya justru lebih pintar soal grammar dibanding dirinya.

Namun kembali ke tujuan Anda semula berbahasa Inggris. Apakah Anda ingin mengerti definisi causative verb, atau ingin bicara Bahasa Inggris dengan lancar jaya?

2. Belajar dari Frasa.
Frasa adalah sekumpulan dua kata atau lebih dan memiliki makna. Frasa lebih besar dari kata, namun tidak lebih besar dari kalimat. Saat anak kecil belajar bicara, mereka mempelajari kata-kata dan frasa secara bersamaan. Satu frasa bisa berkembang biak menjadi seratus kalimat. Jika sudah mengetahui 100 frase, jangan kaget dengan banyaknya kalimat yang bisa Anda hasilkan.

3. Jangan menerjemahkan.
Saat ingin menciptakan kalimat dalam bahasa inggris, jangan ditranslate secara harfiah dari bahasa sumber kita. Susunan kata bisa sama sekali berbeda. Mempelajari frasa dan kalimat saat membaca atau mendengar sesuatu cukup efisien. Anda akan secara otomatis berbicara dengan frasa dan kalimat yang Anda tahu.

4. Tidak cukup hanya membaca dan mendengarkan. Ngomong keras-keras juga akan sangat membantu.
Kebiasaan saya ketika mempelajari bahasa adalah mendengarkannya terlebih dahulu. Seperti bayi yang baru belajar berbicara, ia akan mengulangi kata-kata yang sering ia dengar dari sekelilingnya. Kebanyakan institusi pendidikan mengurutkan fase belajar seperti ini: baca, dengar, bicara, baru menulis. Menurut saya akan lebih efektif jika susunannya adalah dengar, bicara, baca, baru menulis. Bayi pun mendengar dulu sebelum berbicara bukan? ๐Ÿ™‚

Selain itu, saat Anda mempelajari bahasa Inggris, jangan sebatas di dalam hati. Berbicaralah keras-keras hingga lidah dan otak Anda terbiasa dalam mengolah kata. Tujuan berlatih ini adalah agar berbicara dalam bahasa Inggris lebih otomatis dan effortless dalam dilakukan.

5. Gali lagi lebih dalam.
Banyak orang di dunia ini yang pintar dalam berbahasa. Meski ia tidak bisa berbicara bahasa Inggris, setidaknya ia menguasai satu bahasa tempat kelahirannya. Hal yang perlu dilakukan adalah terbiasa. Melakukan secara repetisi apa yang Anda ingin pelajari. Buat lingkungan Anda menjadi lingkungan yang penuh bahasa Inggris. Tidak harus menuntut teman atau kolega Anda menemani Anda berbicara bahasa Inggris. Audio di ipod Anda pun akan sangat membantu. Menonton film dalam bahasa Inggris dan mengulangi apa yang mereka katakan juga cukup efektif. Ditambah lagi Anda bisa belajar mengenai aksen amerika atau british yang membuat Anda semakin meyakinkan.

6. Percaya diri dan jangan takut salah.
Ada pepatah untuk belajar dari kesalahan bukan? Teruslah berbicara dan jangan ragu meminta pada yang lebih ahli untuk membenarkan kalimatmu. Perbanyak berbicara dan mengulang apa yang Anda dengar akan sangat membantu dalam proses belajar. Banyak bicara, banyak salah, dan banyak mempelajari. Bahasa Inggris Anda akan lebih baik dari sebelumnya. ๐Ÿ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s